Thursday, May 17, 2018

Pentingnya Memahami Nilai Delta dalam Trading Option


Delta Option

Delta suatu option adalah nilai terhitung yang memperkirakan tingkat perubahan harga option berdasarkan 1 poin pergerakan yang terjadi dalam saham mendasarinya.
Karena harga saham yang mendasarinya berfluktuasi naik dan turun, harga option juga akan berubah naik dan turun. Ada banyak faktor yang akan memengaruhi harga yang akan diubah oleh option, misalnya Apakah itu call option atau put option, jarak dengan harga strike, tingkat volatilitas, suku bunga, dan waktu kadaluwarsa atau berakhirnya nilai kontrak option. Inilah sebabnya mengapa delta itu penting; dibutuhkan banyak perhitungan dari pergerakan harga option yang diharapkan.
Call Option dan Put Option VS Perubahan Harga Sahamnya:



Lihatlah grafik di atas. Grafik tersebut membandingkan pergerakan harga yang mendasarinya versus option pada masing-masing level yang mendasari untuk call dan put option dengan harga strike $ 25. Garis putus-putus menunjukkan perubahan harga  saham yang mendasari dengan harga aktual saham pada sumbu horizontal. Perubahan harga call dan put option ditunjukkan garis berwarna biru dan merah.
Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa harga option tidak berubah dalam pergerakan linear seiring dengan perubahan harga saham yang mendasarinya. Besarnya perubahan harga option tergantung pada  "Moneyness".  Moneynees merupakan selisih harga saham dan harga strike dan dikategorikan kedalam istilah ATM (At the Money) , OTM (Out of The Money) dan ITM (In The Money). Ketika stok berada pada $ 25, kedua option adalah At The Money (ATM) dan akan berubah harga dengan jumlah yang sama dengan pergerakan saham yang mendasarinya, yaitu +/- 0,50. Oleh karena itu Option yang mempunyai nilai +/-0,50 disebut sebagai  "Delta 50" atau “Delta Netral”.
Sekarang, di kedua ujung grafik, setiap option akan masuk atau keluar dari ATM. Di sebelah kanan Anda akan melihat bahwa ketika harga saham naik, call option meningkat nilainya. Karena ini terjadi perubahan harga dari call option mulai berubah sejalan dengan perubahan dalam saham yang mendasarinya. Di sebelah kiri Anda akan melihat hal yang sebaliknya terjadi pada put options, karena saham menurun nilainya, put option menjadi lebih berharga.

Daftar Nilai Delta

Berikut ini diberikan contoh daftar nilai delta untuk saham Facebook (FB)



Dari gambar diatas bisa dilihat bahwa nilai delta untuk Call Option adalah berkisar pada bilangan positif bergerak antra 0,00 hingga 1,00. Dan delta untuk Put Option adalah berkisar pada bilangan negatif bergerak antara -0,00 hingg -1,00.

Pemilihan Nilai Delta Dalam Trading Option

Banyak kesulitan dan kebingungan yang dialami oleh para trader, terutama oleh para trader pemula yang baru belajar trading option, dalam memilih nilai delta yang bagus dan menggunakannya untuk trading option. Hal ini tidaklah mengherankan karena dalam faktanya memang begitu kompleks perhitungan tentang nilai delta ini. Tetapi bagi anda yang hanya ingin mendalami strategi trading option standart seperti Buy Call Option dan Buy Put Option, tentu saja tidak seberapa perlu mendalami perhitungan nilai delta yang rumit tersebut.
Sebagai pedoman dasar yang sangat penting untuk diketahui dan dipahami adalah bahwa besar-kecilnya nilai delta akan berdampak pada besar-kecilnya harga option dan berikutnya akan berdampak pula pada besar-kecilnya nilia profit maupun nilai loss yang akan dialami.
Sehingga bisa disimpilkan semakin tinggi nilai delta semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap profit dan loss dan sebaliknya semakin rendah nilai delta maka semakin rendah pula dampaknya terhadap perolehan profit maupun resiko lossnya.
Dan dari pengalaman penulis delta yang paling baik dan aman digunakan untuk trading adalah delta yang nilainya berkisar 0,50 jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah.
(Bahasan detail tentang Nilai delta untuk trading option dibahas di bagian lain)